Program Kerja

Program Kerja

Perpustakaan  sekolah  merupakan sumber informasi  dan literasi bagi semua warga sekolah, oleh karena itu agar informasi tersebut dapat dimanfaat secara optimal maka, Perpustakaan ‘’MUTIARA ILMU” TK dan SD Model Sleman mempunyai program kerja diantaranya :

Pendidikan Pemakai Perpustakaan

Program  ini dilaksanakan setiap awal tahun ajaran baru  sasaranya yaitu siswa baru. Hal ini dilakukan agar para siswa yang baru mengenal perpustakaan dan memberikan informasi bagaimana cara untuk memanfaatkan perpustakaan sebagai  sumber belajar.

Pendampingan Penulusuran Literasi di Perpustakaan

Progam ini bertujuan untuk membantu siswa dalam temu kembali  informasi / literasi yang ia butuhkan agar sesuai dengan informasi yang siswa cari. Dalam hal ini perpustakaan berkerjasama dengan guru kelas  yang  menggunakan perpustakaan sebagai sumber belajar, atau pada saat siswa diberikan tugas oleh guru untuk mencari informasi sesuai dengan tema yang sedang dipelajari. Sebelum masuk ke pembelajaran, guru sudah meminta ijin dan memesan buku yang dibutuhkan  kepada petugas perpustakaan bahwa siswanya akan mencari informasi di perpustakaan, sehingga petugas menyediakan buku yang sesuai dengan pesanan guru kelas tersebut.

Pengembangan Minat baca Siswa

Dalam program ini perpustakaan  memiliki dua program antara lain :

Membuat Kartu Baca

Kartu baca  dibuat untuk dibagikan kepada seluruh siswa, setiap siswa yang membaca di perpustakaan mereka menuliskan tanggal, judul buku yang mereka baca, tanda tangan petugas perpustakaan. Hal ini dilakukan agar para siswa memiliki kebiasaan membaca buku setiap harinya.

Membuat Pohon Baca

Petugas perpustakaan membuat pohon yang sedemikian rupa  agar siswa dapat menuliskan informasi apa saja yang mereka dapatkan setelah mambaca buku setelah itu menuliskan kedalam pohon baca yang yang telah disediakan oleh petugas . hal ini bertujuan untuk agar siswa  mengingat  buku yang pernah mereka  baca.

Pengembangan Kreativitas Siswa

Di program ini petugas perpustakaan berkerjasama dengan siswa, dalam  hal membuat mading perpustakaan, siswa  diberikan kebebasan dalam berkarya sesuai dengan minatnya yaitu siswa membuat pantun, puisi, mengambar membuat teka teki dan lain sebagainya kemudian mereka menempel sendiri karya tersebut di papan mading yang telah disediakan. Hal ini bertujuan agar siswa sudah terbiasa membuat  karya sehingga dalam pembelajaran  bahasa indonesia mereka sudah pandai.

Bagikan