Kegiatan

Layanan perpustakaan “MUTIARA ILMU” TK dan SD Model  Sleman memakai sistem manual, tetapi mulai april 2018 menggunakan sistem otomasi  dengan layanan terbuka. Layanan terbuka yaitu sistem layanan peminjaman dimana pemakai dapat mencari dan mengambil sendiri koleksi buku yang diinginkan di rak buku yang tersedia.

Layanan perpustakaan “MUTIARA ILMU” dilakukan setiap hari Senin sampai Sabtu (kecuali hari libur atau tanggal merah). Perpustakaan “MUTIARA ILMU” TK dan SD Model Sleman memberikan beberapa layanan, diantaranya:

Layanan Sirkulasi.

Layanan Sirkulasi “MUTIARA ILMU” menyediakan beberapa layanan yang pertama layanan peminjaman, yang kedua layanan pengembalian, yang ketiga layanan perpanjangan koleksi, dan yang keempat layanan pembuatan kartu anggota perpustakaan.

Layanan Referensi.

Perpustakaan menyediakan  berbagai macam Kamus, Atlas, Peta, Globe, dan lain sebagainya.

Layanan Pendidikan Pemakai.

Layanan pendidikan Pemakai yaitu sebuah layanan pemberian informasi mengenai cara mengunakan perpustakaan dengan benar.

Layanan Pembinaan Olimpiade dan Lomba.

Perpustakaan menyediakan  tempat untuk pembinaan lomba bagi siswa yang terpilih mewakili perlombaan untuk menggunakan perpustakaan untuk tempat belajar, dengan didampinggi oleh pembina.

Layanan penyediaan tempat untuk karya anak yang berupa puisi, pantun, gambar, dan cerita bergambar.

  1. Kerjasama pembinaan minat baca siswa dengan Perpustakaan dan Arsip Daerah Sleman yaitu dengan adanya kunjungan ke Perpustakaan dan Arsip Daerah Sleman, yang diberi nama Wisata Pustaka. Kegiatan ini, siswa diajak langsung ke Perpustakaan dan Arsip Daerah Sleman dengan transportasi yang telah di sediakan oleh perpustakaan.
  2. Kerjasama pembinaan minat baca siswa dengan Perpustakaan Mata Aksara dibawah pimpinan Bapak Nuradi Indra Wijaya yakni dengan meminjamkan koleksi ke Perpustakaan Mutiara Ilmu dengan tujuan untuk pemenuhan kebutuhan informasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar.
  3. Kerjasama pengembangan pojok baca kelas dengan wali murid, kaitannya dengan pengembangan koleksi dan gerakan literasi sekolah.
  4. Kerjasama dengan guru kelas yaitu kaitannya dengan mengadakan kegiatan pembelajaran di perpustakaan dan temu kembali informasi.
  5. Kerjasama dengan kepala sekolah dan guru kelas kaitannya dalam penentuan pengadaan dan pengembangan koleksi perpustakaan. Tujuan kerjasama agar koleksi yang dimiliki perpustakaan benar benar dapat menunjang pembelajaran dikelas.
  6. Perpustakaan Mutiara Ilmu  memiliki program ikut mensukseskan Gerakan Literasi sekolah yaitu dengan membaca 15 menit setiap hari atau sering disebut Reading Day. Untuk reading day dilaksanakan sesuai dengan jadwal masing – masing level.

 

Bagikan